Senin, 30 Juni 2008

LATIHAN MEMBUAT SILABUS (Pengembangan KD)

Nama sekolah:
Kelas/Semester:
Mata pelajaran:
Standar Kompetensi:

I. Kompetensi Dasar: Mendeskripsikan objek dan persoalan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma).

II. Indikator:
2.1 Siswa mampu menjelaskan tentang sel dan peranannya dalam tubuh mahluk hidup.
2.2 Siswa mampu menguraikan keterkaitan antara sel, jaringan, dan organ hingga membentuk suatu individu.
2.3 Siswa mampu menunjukkan dan memberi contoh suatu bentuk ekosistem.
2.4 Siswa mampu menceritakan aliran energi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
2.5 Siswa mampu menunjukkan adanya suatu daur biogeokimia dengan melihat pada perubahan lingkungan alam.

III. MateriPembelajaran:
3.1 Pengertian sel dan peranannya.
3.2 Hubungan sel, jaringan, dan organ dalam struktur hewan vertebrata
3.3 Interaksi antara individu dengan lingkungannya; antar individu dan populasi, dan komponen biotic-abiotik.
3.4 Konsep aliran energi dari tingkat sederhana (rantai makanan) hingga jaring-jaring makanan yang kompleks.
3.5 Siklus pertukaran dan perubahan komponen biosfer dan non biosfer (daur biogeokimia).

IV. Pengalaman
Belajar:
4.1 Siswa melakukan pengamatan melalui mikroskop kemudian dilanjutkan dengan diskusi.
4.2 Siswa mencari informasi dan melakukan pengamatan terhadap objek biologi di lingkungan sekitar, guru menambahkan melalui penjelasan disertai gambar yang mendukung.
4.3 Siswa melakukan observasi ke luar;mengamati,mencatat hal-hal yang diamati,dan menyajikannya dalam bentuk laporan.
4.4 Siswa melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitar,mencari informasi serta menyajikannya dalam bentuk presentasi kelompok.
4.5 Siswa mencari informasi dan mengamati perubahan lingkungan yang terjadi disekitarnya (daur air, daur karbon, global warming..)dilanjutkan dengan diskusi disertai media yang mendukung.

V. Sumber
/bahan/alat:
5.1 mikroskop, preparat daun, preparat awetan,misal;selkulit,tulang, dll.
5.2 Artikel, buku, infokus/OHP
5.3 Form/data yang harus diisi setelah melakukan pengamatan, buku, laporan.
5.4 Buku, media, poster, dsb.
5.5 Bahan diskusi/studi kasus yang dibuat guru,infokus/OHP atau poster/gambar yang mendukung.

Tidak ada komentar: