Senin, 21 April 2008

STRATEGI PEMBELAJARAN IPA (BIOLOGI) BAGI SISWA SLTA TAHUN PELAJARAN 2004/2005 DI SMAN 3 DEPOK SUATU HASIL PENGAMATAN EMPIRIK BELAJAR IPA (BIOLOGI)

Belajar biologi di SMA yang saya rasakan waktu itu lebih menekankan pada penguasaan konsep dan sangat kurang diimbangi dengan aplikasinya,seperti praktikum,serta cenderung menerapkan akademik skillnya saja. Mungkin hal tersebut salah satu dampak masih diadopsinya kurikulum '94 yang menekankan pada penguasaan isi materi,siswa dijadikan objek, pelayanan bersifat seragam,dan mengutamakan unsur kognitif serta kurang memperhatikan unsur afektif dan psikomotorik. Sehingga outputnya dirasa memiliki kemampuan terbatas dan kalah saing dengan kemajuan IPTEK.

Strategi pembelajaran yang saya rasakan di SMA dengan apa yang telah didapat saat ini sangat berbeda. Strategi pembelajaran dulu menekankan pada penguasaan isi materi dan aspek kognitif saja. Seiring dengan perkembangan IPTEK terutama di bidang pendidikan,strategi pembelajaran saat ini berusaha menyeimbangkan antara aspek kognitif,afektif dan psikomotorik. Dengan metode yang variatif dan inovatif,meskipun dalam pelaksanaannya belum optimal. Life skill yang dikembangkan tidak hanya akademik,tapi juga thinking,social dan personal skill. Metode pengajaran tidak melulu ceramah dari guru,kita juga mengenal simulasi,studi kasus,kuis,demonstrasi,dan lain-lain yang mendorong anak tidak bosan,tapi nyaman dan menyenangkan,misalnya dapat disisipkan metode Quantum Learning, pengenalan NLP,dan lain-lain.Sehingga dengan upaya saat ini siswa diharapkan sebagai subjek,guru hanyalah fasilitator dan akhirnya siswa mampu mengembangkan potensi dan kreatifitasnya guna bersaing mengejar ketertinggalan terutama dalam kemajuan IPTEK.

Tidak ada komentar: