SILABUS
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X/I
Standar Kompetensi : 1. Memahami hakikat biologi sebagai ilmu
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi ruang lingkup biologi
Indikator | Materi Pokok | Pengalaman Belajar | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/Bahan/ Alat |
| | | | | |
· Menjelaskan arti ilmu biologi | Arti biologi karakteristik kaitan dengan teknologi manfaat belajar biologi | · Diskusi tentang apa biologi | - Observasi (lisan) | 2 jam pelajar-an (2 x 45 menit) | - Gambar poster tentang hewan, tumbuhan, penemuan- penemuan dalam biologi - Buku perpustakaan - Artikel di berbagai media |
· Menjelaskan karakteristik ilmu biologi sebagai Ilmu Pengetahuan Agama | · Diskusi tentang karakteristik ilmu biologi sebagai Ilmu Pengetahuan Alam dan kaitannya dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat. | - Observasi (lisan) - Tertulis | Pertemuan minggu I | ||
| | · Mencari informasi manfaat mempelajari biologi bagi dirinya dan masyarakat (Tugas dirumah) | - Laporan | Tugas di rumah | |
| | · Berkomunikasi ilmiah melalui pemaparan hasil pencarian informasi tentang manfaat mempelajari biologi (Minggu ke II) | - Observasi | - Pertemuan minggu ke II | - OHP - Multi media |
| | | | | |
1.2. | Mendeskripsikan objek dan persoalan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma) |
Indikator | Materi Pokok | Pengalaman Belajar | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/Bahan/ Alat |
| | | | | |
· Menyajikan data contoh tentang objek biologi dan tingkat organisasi kehidupan | · Objek biologi , persoalan biologi, tingkat organisasi kehidupan | · Mengamati objek biologi dan tingkat organisasi kehidupan di sekitar sekolah | - Observasi (lisan) - Tertulis | 2 jam pelajaran (Minggu III) | - LKS - Poster |
· Diskusi tentang persolan biologi yang mungkin dialami oleh siswa | - Lisan | ||||
· Menjelaskan cara mempelajari biologi | | · Sambil berdiskusi pada awal pelajaran, siswa melakukan percobaan pengaruh air terhadap tekanan turgor pada daun | - Tertulis | 2 jam pelajaran (MingguIV) | |
· Menjelaskan cabang biologi yang sesuai dengan objek, persoalan, dan tingkat organisasi kehidupan. | | | | | |
| | | | | |
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : | Biologi |
Kelas/Semester : | X/I |
Pertemuan ke : | 1 |
Alokasi Waktu : | 2 jam pelajaran |
Standar Kompetensi : | Memahami hakikat biologi sebagai ilmu |
Kompetensi Dasar : | Mengidentifikasi ruang lingkup biologi |
Indikator : | - Menjelaskan arti ilmu biologi - Menjelaskan karakteristik ilmu biologi sebagai ilmu pengetahuan - Menjelaskan kaitan biologi dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat - Menganalisis manfaat belajar biologi bagi sirinya dan masyarakat |
I. Tujuan Pembelajaran : | - Siswa mempunyai pemahaman biologi - Siswa mempunyai wawasan bahwa biologi terdiri dari proses dan produk - Siswa menjelaskan hubungan biologi dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat - Siswa memberi contoh teknologi yang berbasis biologi - Siswa Menjelaskan kasus yang dapat membedakan pemecahan masalah yang didasari biologi dan tidak didasari pemahaman biologi - Siswa menjelaskan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi pada peristiwa sehari-hari akibat kurangnya pemahaman terhadap biologi. | |
| | |
II. Materi Ajar : | - Arti biologi, karakteristik biologi yaitu proses dan produk - Biologi sebagai dasar teknologi - Hubungan biologi dengan lingkungan dan masyarakat - Manfaat biologi bagi dirinya dan masyarakat. | |
| | |
III. Metode Pembelajaran: | - Diskusi - Ceramah - Mencari informasi - Tanya Jawab - Presentasi | |
| | |
IV | Langkah-langkah Pembelajaran | |
A. | Kegiatan awal (10 menit) | |
| · Siswa digali pemahaman yang tidak dimiliki dengan tanya jawab dan diskusi tentang apa yang telah dipelajari dalam biologi di SMP | |
| | |
B. | Kegiatan Inti (60 menit) | |
| · Siswa diajak mendefinisikan dengan kalimatnya sendiri tentang biologi · Siswa diskusi kelas tentang apa yang dikerjakan oleh seorang ahli biologi · Siswa menyimpulkan karakteristik biologi berdasarkan hasil paparan guru dan diskusi kelas. · Siswa menyajikan informasi tentang hubungan biologi yang dipelajarinya dengan lingkungan, yaitu mengapa ada hutan gundul, banjir, pencemaran lingkungan dan kaitannya dengan ilmu biologi · Siswa menjelaskan peran biologi terhadap perkembangan masyarakat, misalnya kecenderungan memilih sayuran dan buah alami tanpa bahan berbahaya. · Siswa diskusi tentang perkembangan bioteknologi yang berdasar pada ilmu biologi. | |
C. | Kegiatan penutup (20 menit) | |
| · Guru membuat kesimpulan dari kegiatan pada pertemuan I ini · Guru melakukan test dengan memberi pertenyaan lisan kepada siswa · Guru memberi tugas kepada siswa untuk mencari informasi manfaat mempelajari biologi bagi dirinyadan masyarakat. | |
V. Alat dan Sumber Belajar: | Gambar postertentang hewan, alam tumbuhan , contoh-contoh penemuan biologi informasi tertulis dari media, buku perpustakaan, jika perlu, mendatangkan nara sumber (ahli biologi, dosen, dokter dll). | |
| | |
VI. Penilaian | | |
A. | Lisan. Penilaian ditekankan pada pemahaman siswa terhadap alur masalah yang didiskusikan dan pengetahuan mereka terhadap materi baik pengetahuan yang telah dimiliki maupun pengetahuan baru antara lain : | |
| · Apa yang dipelajari dalam biologi · Ruang lingkup biologi · Karakteristik biologi sebagai ilmu pengetahuan · Apakah proses sains · Apakah proruk sians · Contoh-contoh proses dan produk sains · Menjelaskan peran biologi pada kelestarian lingkungan (pencegahan dan remediasi lingkungan tercemar) · Menjelaskan peran biologi terhadap perkembangan masyarakat · Bagaimana peran biologi dalam memperediksi menjelaskan, mengontrol kegiatan kita. | |
B. | Contoh penilaian tertulis | |
| 1. Soal essey | |
| Seorang ahli biologi meneliti tentang pencemaran logam berat terhadap pertumbuhan cendawan. Berdasarkan kalimat di atas, identifikasi objek, persoalan, dan tingkat organisasi kehidupan yang mungkinterlibat. | |
| 2. Seseorang ingin mengamati pertumbuhan kecambah kacang hijau dengan cahaya dan tanpa cahaya. Yang akan diamati dari pertumbuhan kecambah adalah : Pertambahan panjang batang, warna daun, arah gerak dan jumlah kecambah yang hidup. | |
| · Berdasarkan hal tersebut, proses apa saja yang harus dilakukan oleh seorang peneliti dari mulai perencanaan, pelaksanaan, pelaporannya. · Data yag diperoleh berupa data apa? Kualitatif atau kuantitatif? Jelaskan. | |
Pedoman penskoran-penskoran
1. | Objek = cendana → kelompok fungsi → nilai 1 |
| persolan : pencemaran lingkungan → nilai 1 pertumbuhan dan perkembangan → nilai 1 |
| Tingkat organisasi kehidupan : tingkatan organisasi → nilai 1 Maksimum score → nilai 4 |
| |
2. | Proses : Perencanaan : - membuat hipotesa - menentukan variabel - variabel tetap - variabel percobaan - menentukan data yang akan dicatat |
| Pelaksanaan : - mengamati - mencatat data dalam tabel - mengelompokkan data |
| |
| Pelaporan : - organisasi data - kesimpilan - sesuai atau tidak sesuai hipotesis |
| |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar