Kamis, 13 Maret 2008

SILABUS

Nama Sekolah : SMA

Mata Pelajaran : Biologi

Kelas/Semester : X/I

Standar Kompetensi : 1. Memahami hakikat biologi sebagai ilmu

Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi ruang lingkup biologi

Indikator

Materi Pokok

Pengalaman Belajar

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber/Bahan/

Alat

· Menjelaskan arti ilmu biologi

Arti biologi karakteristik kaitan dengan teknologi manfaat belajar biologi

· Diskusi tentang apa biologi

- Observasi (lisan)

2 jam pelajar-an (2 x 45 menit)

- Gambar poster tentang hewan, tumbuhan, penemuan- penemuan dalam biologi

- Buku perpustakaan

- Artikel di berbagai media

· Menjelaskan karakteristik ilmu biologi sebagai Ilmu Pengetahuan Agama

· Diskusi tentang karakteristik ilmu biologi sebagai Ilmu Pengetahuan Alam dan kaitannya dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat.

- Observasi (lisan)

- Tertulis

Pertemuan minggu I

· Mencari informasi manfaat mempelajari biologi bagi dirinya dan masyarakat (Tugas dirumah)

- Laporan

Tugas di rumah

· Berkomunikasi ilmiah melalui pemaparan hasil pencarian informasi tentang manfaat mempelajari biologi (Minggu ke II)

- Observasi

- Pertemuan minggu ke II

- OHP

- Multi media

1.2.

Mendeskripsikan objek dan persoalan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma)

Indikator

Materi Pokok

Pengalaman Belajar

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber/Bahan/

Alat

· Menyajikan data contoh tentang objek biologi dan tingkat organisasi kehidupan

· Objek biologi , persoalan biologi, tingkat organisasi kehidupan

· Mengamati objek biologi dan tingkat organisasi kehidupan di sekitar sekolah

- Observasi (lisan)

- Tertulis

2 jam pelajaran (Minggu III)

- LKS

- Poster

· Diskusi tentang persolan biologi yang mungkin dialami oleh siswa

- Lisan

· Menjelaskan cara mempelajari biologi

· Sambil berdiskusi pada awal pelajaran, siswa melakukan percobaan pengaruh air terhadap tekanan turgor pada daun

- Tertulis

2 jam pelajaran (MingguIV)

· Menjelaskan cabang biologi yang sesuai dengan objek, persoalan, dan tingkat organisasi kehidupan.


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran :

Biologi

Kelas/Semester :

X/I

Pertemuan ke :

1

Alokasi Waktu :

2 jam pelajaran

Standar Kompetensi :

Memahami hakikat biologi sebagai ilmu

Kompetensi Dasar :

Mengidentifikasi ruang lingkup biologi

Indikator :

- Menjelaskan arti ilmu biologi

- Menjelaskan karakteristik ilmu biologi sebagai ilmu pengetahuan

- Menjelaskan kaitan biologi dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat

- Menganalisis manfaat belajar biologi bagi sirinya dan masyarakat

I. Tujuan Pembelajaran :

- Siswa mempunyai pemahaman biologi

- Siswa mempunyai wawasan bahwa biologi terdiri dari proses dan produk

- Siswa menjelaskan hubungan biologi dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat

- Siswa memberi contoh teknologi yang berbasis biologi

- Siswa Menjelaskan kasus yang dapat membedakan pemecahan masalah yang didasari biologi dan tidak didasari pemahaman biologi

- Siswa menjelaskan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi pada peristiwa sehari-hari akibat kurangnya pemahaman terhadap biologi.

II. Materi Ajar :

- Arti biologi, karakteristik biologi yaitu proses dan produk

- Biologi sebagai dasar teknologi

- Hubungan biologi dengan lingkungan dan masyarakat

- Manfaat biologi bagi dirinya dan masyarakat.

III. Metode Pembelajaran:

- Diskusi

- Ceramah

- Mencari informasi

- Tanya Jawab

- Presentasi




IV

Langkah-langkah Pembelajaran

A.

Kegiatan awal (10 menit)

· Siswa digali pemahaman yang tidak dimiliki dengan tanya jawab dan diskusi tentang apa yang telah dipelajari dalam biologi di SMP

B.

Kegiatan Inti (60 menit)

· Siswa diajak mendefinisikan dengan kalimatnya sendiri tentang biologi

· Siswa diskusi kelas tentang apa yang dikerjakan oleh seorang ahli biologi

· Siswa menyimpulkan karakteristik biologi berdasarkan hasil paparan guru dan diskusi kelas.

· Siswa menyajikan informasi tentang hubungan biologi yang dipelajarinya dengan lingkungan, yaitu mengapa ada hutan gundul, banjir, pencemaran lingkungan dan kaitannya dengan ilmu biologi

· Siswa menjelaskan peran biologi terhadap perkembangan masyarakat, misalnya kecenderungan memilih sayuran dan buah alami tanpa bahan berbahaya.

· Siswa diskusi tentang perkembangan bioteknologi yang berdasar pada ilmu biologi.

C.

Kegiatan penutup (20 menit)

· Guru membuat kesimpulan dari kegiatan pada pertemuan I ini

· Guru melakukan test dengan memberi pertenyaan lisan kepada siswa

· Guru memberi tugas kepada siswa untuk mencari informasi manfaat mempelajari biologi bagi dirinyadan masyarakat.




V. Alat dan Sumber Belajar:

Gambar postertentang hewan, alam tumbuhan , contoh-contoh penemuan biologi informasi tertulis dari media, buku perpustakaan, jika perlu, mendatangkan nara sumber (ahli biologi, dosen, dokter dll).

VI. Penilaian

A.

Lisan.

Penilaian ditekankan pada pemahaman siswa terhadap alur masalah yang didiskusikan dan pengetahuan mereka terhadap materi baik pengetahuan yang telah dimiliki maupun pengetahuan baru antara lain :

· Apa yang dipelajari dalam biologi

· Ruang lingkup biologi

· Karakteristik biologi sebagai ilmu pengetahuan

· Apakah proses sains

· Apakah proruk sians

· Contoh-contoh proses dan produk sains

· Menjelaskan peran biologi pada kelestarian lingkungan (pencegahan dan remediasi lingkungan tercemar)

· Menjelaskan peran biologi terhadap perkembangan masyarakat

· Bagaimana peran biologi dalam memperediksi menjelaskan, mengontrol kegiatan kita.




B.

Contoh penilaian tertulis

1. Soal essey

Seorang ahli biologi meneliti tentang pencemaran logam berat terhadap pertumbuhan cendawan. Berdasarkan kalimat di atas, identifikasi objek, persoalan, dan tingkat organisasi kehidupan yang mungkinterlibat.

2. Seseorang ingin mengamati pertumbuhan kecambah kacang hijau dengan cahaya dan tanpa cahaya. Yang akan diamati dari pertumbuhan kecambah adalah : Pertambahan panjang batang, warna daun, arah gerak dan jumlah kecambah yang hidup.

· Berdasarkan hal tersebut, proses apa saja yang harus dilakukan oleh seorang peneliti dari mulai perencanaan, pelaksanaan, pelaporannya.

· Data yag diperoleh berupa data apa?

Kualitatif atau kuantitatif?

Jelaskan.




Pedoman penskoran-penskoran

1.

Objek = cendana → kelompok fungsi nilai 1

persolan : pencemaran lingkungan nilai 1

pertumbuhan dan perkembangan → nilai 1

Tingkat organisasi kehidupan : tingkatan organisasi → nilai 1

Maksimum score nilai 4

2.

Proses : Perencanaan : - membuat hipotesa

- menentukan variabel

- variabel tetap

- variabel percobaan

- menentukan data yang akan dicatat

Pelaksanaan : - mengamati

- mencatat data dalam tabel

- mengelompokkan data

Pelaporan : - organisasi data

- kesimpilan

- sesuai atau tidak sesuai hipotesis

Tidak ada komentar: