Kelas : XI
Standar Kompetensi : 1. Siswa mampu menginterpretasi organisasi seluler serta mengkaitkan struktur jaringan dan fungsi pada sistem organ tumbuhan, hewan, dan manusia serta penerapannya dalam konteks sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat..
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok |
1.1 Mendeskripsikan struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan. | · Membandingkan hasil penampakan sel dan bagian-bagiannya berdasarkan pengamatan di bawah mikroskop cahaya dengan gambar/foto pada literatur. · Mengukur diameter sel serta terbiasa menggunakan unit pengukuran pada kajian tentang sel (milimeter, mikrometer, nanometer) (*). · Mendeskripsikan dan menginterpretasi gambar atau foto sel hewan dan tumbuhan tertentu seperti yang terlihat pada mikroskop elektron, mengenali membran plasma dan organela: retikulum endoplasma, badan golgi, mitokondria, ribosom, lisosom, khloroplas, sentriol, nukleus, dan nukleolus. · Membandingkan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transpor aktif, endositosis dan eksositosis). · Membuat bagan fungsi sistem membran dan organela. · Membuat model bagian tertentu dari sel (*). | · Struktur dan fungsi sel serta jaringan pada tumbuhan dan hewan |
1.2 Mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. | · Membedakan berbagai jaringan (epidermis, kolenkim, sklerenkim, parenkim, xilem, floem dan kambium) penyusun organ tumbuhan. · Menunjukkan letak epidermis, korteks, dan stele (silinder pusat). · Mendeskripsikan fungsi masing-masing jaringan tumbuhan. · Menggunakan pengetahuan yang diperoleh tentang jaringan pada situasi baru atau pemecahan masalah seperti pembudidayaan tanaman langka melalui perbanyakan dengan biji, stek, dan cangkok. | |
1.3 Mendeskripsikan struktur dan fungsi jaringan hewan. | · Membedakan berbagai jaringan (epitel, otot, tulang, saraf dan ikat) pembentuk organ hewan. · Menjelaskan fungsi masing-masing jaringan pada hewan. · Menggunakan pengetahuan yang diperoleh tentang jaringan pada situasi baru atau pemecahan masalah seperti penggunaan transnplantasi kulit untuk penyembuhan luka bakar. | |
Standar Kompetensi : 2. Siswa mampu menganalisis sistem organ pada organisme tertentu serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat (Salingtemas).
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok |
2.1 Mengkaitkan struktur, fungsi, proses dan kelainan/ penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia. | · Mengidentifikasi struktur, fungsi dan proses sistem gerak (tulang, otot) pada manusia · Mengkaitkan struktur (tulang, otot), fungsi dan proses sistem gerak (tulang, otot) pada manusia. · Menjelaskan struktur, fungsi dan proses sistem gerak (tulang, otot) pada manusia. · Mengidentifikasi kelainan yang terjadi pada sistem gerak. · Memberi contoh teknologi yang berhubungan dengan kelainan yang terjadi pada sistem gerak. | · Sistem gerak (tulang, otot, sendi) |
2.2 Mengkaitkan struktur, fungsi, proses dan kelainan/ penyakit yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah manusia dan hewan. | · Mengidentifikasi struktur, fungsi dan proses sistem peredaran darah pada manusia dan hewan tertentu. · Menjelaskan struktur, fungsi dan proses sistem peredaran darah (jantung, pembuluh darah, komponen, dan fungsi darah) pada manusia dan hewan tertentu. · Mengkaitkan struktur, fungsi dan proses sistem peredaran darah pada manusia dan hewan tertentu. · Mengidentifikasi kelainan yang terjadi pada sistem peredaran darah manusia dan hewan tertentu. · Memberi contoh teknologi yang berhubungan dengan kelainan yang terjadi pada sistem peredaran darah. | · Sistem peredaran darah (jantung, pembuluh darah, komponen darah) |
2.3 Mengkaitkan struktur, fungsi, proses dan kelainan/ penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan tertentu. | · Mengidentifikasi struktur, fungsi dan proses sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan tertentu. · Mengkaitkan struktur, fungsi dan proses sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan tertentu. · Menjelaskan struktur, fungsi dan proses sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan tertentu. · Membedakan antara sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan tertentu. · Mengidentifikasi kelainan yang terjadi pada sistem pencernaan makanan. · Memberi contoh teknologi yang berhubungan dengan kelainan yang terjadi pada sistem pencernaan makanan. · Memahami jenis dan kandungan makanan bergizi. · Menganalisis variasi dan komposisi makanan yang dikonsumsi selama periode tertentu dan menyusun menu seimbang untuk dirinya. | · Sistem pencernaan makanan (gigi, lambung, usus halus, usus besar) · Proses penyerapan zat makanan · Zat aditif · Pencernaan ruminansia |
2.4 Mengkaitkan struktur, fungsi, proses dan kelainan/ penyakit yang dapat terjadi pada sistem respirasi manusia dan hewan tertentu | · Mengidentifikasi struktur, fungsi dan proses sistem respirasi pada manusia. · Mengkaitkan struktur, fungsi dan proses sistem respirasi pada manusia. · Menjelaskan struktur, fungsi dan proses sistem respirasi pada manusia. · Membandingkan struktur, fungsi dan proses sistem respirasi pada manusia dan ikan. · Mengidentifikasi kelainan yang terjadi pada sistem respirasi. · Memberi contoh teknologi yang berhubungan dengan kelainan yang terjadi pada sistem respirasi. | Sistem respirasi (internal dan eksternal, alveolus, pertukaran gas, bahaya rokok dan pembakaran tak sempurna) |
2.5 Mengkaitkan struktur, fungsi, proses dan kelainan/ penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi manusia dan hewan tertentu. | · Mengidentifikasi struktur, fungsi dan proses sistem ekskresi pada manusia. · Mengkaitkan struktur, fungsi dan proses sistem ekskresi pada manusia. · Menjelaskan struktur, fungsi dan proses sistem ekskresi pada manusia. · Membandingkan struktur, fungsi dan proses sistem eksresi pada manusia, belalang dan cacing tanah. · Mengidentifikasi kelainan yang terjadi pada sistem ekskresi. · Memberi contoh teknologi penanggulangan akibat kelainan yang terjadi pada sistem ekskresi. | · Sistem eksresi |
2.6 Mengkaitkan struktur, fungsi, proses dan kelainan/ penyakit yang dapat terjadi pada sistem koordinasi (saraf, endokrin, indera) pada manusia dan hewan tertentu | · Mengidentifikasi struktur, fungsi dan proses sistem koordinasi pada manusia. · Mengkaitkan struktur, fungsi dan proses sistem koordinasi pada manusia. · Menjelaskan struktur, fungsi dan proses sistem koordinasi pada manusia. · Membandingkan struktur, fungsi dan proses pada sistem saraf pada manusia dan cacing pipih. · Mengidentifikasi kelainan yang terjadi pada sistem koordinasi pada manusia. · Memberi contoh teknologi yang berhubungan dengan kelainan yang terjadi pada koordinasi. | · Sistem koordinasi dan indera (mata dan telinga) |
2.7 Mengkaitkan struktur, fungsi, proses dan kelainan/ penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi organisme | · Mengidentifikasi struktur, fungsi dan proses reproduksi pada tumbuhan · Mengidentifikasi struktur, fungsi dan proses reproduksi pada manusia. · Mengkaitkan struktur, fungsi dan proses sistem reproduksi pada manusia. · Menjelaskan struktur, fungsi dan proses sistem reproduksi pada manusia. · Mengidentifikasi kelainan yang terjadi pada sistem reproduksi. · Memberi contoh teknologi yang berhubungan dengan kelainan yang terjadi pada sistem reproduksi. | · Sistem reproduksi manusia (menstruasi, fertilisasi, kehamilan, kesehatan reproduksi, ASI) |
Kelas : XII
Standar Kompetensi : 1. Siswa mampu merencanakan dan melaksanakan percobaan berkaitan dengan proses yang terjadi pada tumbuhan serta implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat (Salingtemas).
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok |
1.1 Merencanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan. | · Mengumpulkan informasi faktor-faktor luar yang mempengaruhi pertumbuhan. · Merumuskan masalah dan membuat hipotesis. · Merancang berbagai perlakuan dalam percobaan. | · Pertumbuhan dan perkembangan |
1.2 Melaksanakan percobaaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan. | · Menyiapkan bahan dan perlakuan. · Memberikan perlakuan dan mengukur hasil perlakuan. · Mencatat kondisi lingkungan perlakuan. · Mengumpulkan data dan menganalisis dalam tabel dan grafik. | |
1.3 Mengkomunikasikan hasil percobaan pertumbuhan | · Menyiapkan hasil-hasil percobaan. · Mengkomunikasikan hasil percobaan dalam bentuk lisan dan tulisan. · Mengkomunikasikan faktor luar yang memperngaruhi pertumbuhan biji | |
Standar Kompetensi : 2. Siswa mampu menganalisis proses metabolisme organisme dan implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat (salingtemas)
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok |
2.1 Menguraikan proses-proses katabolisme karbohidrat. | · Mengidentifikasi enzim-enzim yang berperan dalam katabolisme gula. · Menjelaskan proses-proses enzimatis pada katabolisme gula. · Mengidentifikasi hasil-hasil katabolisme pati. | · Proses katabolisme gula |
2.2 Menguraikan proses–proses anabolisme karbohidrat | · Mengidentifikasi enzim-enzim yang berperan pada anabolisme karbohidrat. · Menjelaskan proses-proses enzimatis pada anabolisme karbohidrat. · Mengidentifikasi hasil-hasil anabolisme karbohidrat. | · Proses anabolisme karbohidrat |
2.3 Mengkaitkan proses katabolisme dan anabolisme pada rantai karbohidrat. | · Membuat carta anabolisme dan katabolisme karbohidrat. · Mendeskripsikan proses anabolisme dan katabolisme pada carta yang dibuat. | · Keterkaitan proses katabolisme dan anabolisme |
2.4 Mengkaitkan proses metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak dan metabolisme protein | · Membuat diagram keterkaitan antara metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein · Menjelaskan penyebab lemak menghasilkan energi lebih besar dibanding dengan dari karbohidrat dan protein untuk jumlah berat yang sama. · Menjelaskan penyebab protein menghasilkan energi setara dengan karbohidrat untuk jumlah berat yang sama | · Keterkaitan metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein |
2.5 Mengumpulkan informasi teknologi yang berkaitan dengan metabolisme makanan. | · Mengumpulkan informasi mengenai teknologi makanan berkadar gula rendah. · Mengumpulkan informasi mengenai teknologi pengawetan makanan berkaitan dengan perolehan sumber makanan utama (karbohidrat, lipida, dan protein) yang berkualitas tinggi. · Mengumpulkan informasi tentang teknologi substitusi energi dari produk pengolahan makanan seperti tablet makanan, cairan infus dan seterusnya. · Mengembangkan teknologi sederhana pengolahan makanan/bahan makanan higienis dan berkualitas tinggi. | · Teknologi yang berkaitan dengan metabolisme |
Standar Kompetensi : 3. Siswa mampu memahami konsep dasar hereditas serta implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat (salingtemas)
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok |
3.1 Mengkaitkan hubungan antara DNA, gen, dan kromosom | · Mendeskripsikan struktur heliks ganda DNA serta sifat dan fungsinya · Mendeskripsikan struktur, sifat, dan fungsi RNA. · Mendiskripsikan sintesis protein. · Mendeskripsikan hubungan antara DNA, gen, dan kromosom | DNA, gen, kromosam dan keterkaitannya |
3..2 Mengkaitkan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat. | · Mendeskripsikan pemahaman tentang pembelahan mitosis dan meiosis. · Mendeskripsikan fase-fase pembelahan dan tempat terjadinya mitosis dan meiosis menurut literatur. · Menghubungkan pembelahan mitosis dan meiosis pada pewarisan sifat. | Pembelahan Mitosis dan Meiosis serta Pewarisan Sifat |
3.3 Menerapkan hukum-hukum hereditas dengan mekanisme pewarisan sifat | · Menerapkan prinsip pewarisan sifat menurut hukum Mendel. · Menjelaskan pola khas hereditas (penyimpangan semu, tautan, pindah silang, gagal berpisah dengan lethal, sistem ABO dan terpaut seks kromosom). · Menjelaskan mekanisme perbaikan mutu genetik. · Mengkomunikasikan cara menghindari penyakit menurun pada masyarakat. · Menerapkan konsep pewarisan sifat untuk memperoleh strain organisme unggul | Hukum Hereditas, Penerapan serta implikasinya |
3.4 Menjelaskan peristiwa mutasi. | · Mengidentifikasi macam-macam mutasi kromosom dengan adanya perubahan jumlah, struktur atau urutan susunan DNA pada kromosom. · Menghubungkan antara faktor penyebab mutasi dengan macam mutasi yang terjadi. · Membedakan antara mutasi alam dengan mutasi buatan. · Mengkaji dampak dan keuntungan mutasi bagi makhluk hidup lain dan manusia. | Mutasi |
Standar Kompetensi : 4. Siswa mampu mendemonstrasikan pemahaman teori evolusi serta implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat (salingtemas).
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok |
4.1. Mendemonstrasikan pemahaman tentang teori evolusi biologi. | · Menunjukkan fakta-fakta yang mendukung penerimaan teori evolusi biologi · Mendeskripsikan sejumlah faktor yang dianggap berpengaruh terhadap berlangsungnya proses evolusi. · Mengaitkan hubungan antara waktu dengan perubahan sifat organisme · Menjelaskan kaitan mutasi dengan proses evolusi. · Menghitung frekuensi gen dalam suatu populasi dengan menggunakan hukum Hardy-Weinberg. | Teori Evolusi dan implikasinya pada perkembangan sains |
4.2 Mengumpulkan informasi ilmiah berkaitan dengan teori evolusi. | · Membuat laporan hasil studi tentang fosil yang diamati di musium/situs temuan fosil atau melalui gambar. · Mengkomunikasikan secara lisan/tertulis hasil pengumpulan informasi dan pengamatan. · Menjelaskan berbagai teori asal-usul kehidupan di bumi · Mengumpulkan informasi berkenaan dengan tanggapan terhadap keberadaan serta implikasi teori evolusi pada kehidupan masyarakat. | |
Standar Kompetensi : 5. Siswa mampu mengidentifikasi prinsip-prinsip dasar bioteknologi serta implikasinya pada sains, lingkungan , teknologi, dan masyarakat
Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pokok |
5.1 Mendeskripsikan prinsip-prinsip bioteknologi dan penerapannya. | · Menjelaskan peran sifat–sifat organisme dalam proses bioteknologi. · Menjelaskan kemampuan proses-proses rekayasa dalam memanipulasi sifat organisme. | Prinsip Dasar Bioteknologi |
5..2 Mendeskripsikan implikasi bioteknologi pada sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat. | · Menjelaskan manfaat dan bahaya bioteknologi bagi kehidupan. · Memberi contoh-contoh penerapan bioteknologi yang berpengaruh pada pengembangan bahan pangan, sandang, bidang medis · Memberi contoh dampak bioteknologi pada perbaikan dan perusakan lingkungan · Merumuskan tindakan-tindakan yang dilakukan untuk mencegah dampak negatif bioteknologi dimasa yang akan datang. · Melakukan kegiatan implementasi bioteknologi | Implikasi Bioteknologi pada Sains, Lingkungan, Teknologi, dan Masyarakat. |