Sabtu, 22 Maret 2008

kurikulum biologi SMA

Kelas : XI

Standar Kompetensi : 1. Siswa mampu menginterpretasi organisasi seluler serta mengkaitkan struktur jaringan dan fungsi pada sistem organ tumbuhan, hewan, dan manusia serta penerapannya dalam konteks sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat..

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pokok

1.1 Mendeskripsikan struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.

· Membandingkan hasil penampakan sel dan bagian-bagiannya berdasarkan pengamatan di bawah mikroskop cahaya dengan gambar/foto pada literatur.

· Mengukur diameter sel serta terbiasa menggunakan unit pengukuran pada kajian tentang sel (milimeter, mikrometer, nanometer) (*).

· Mendeskripsikan dan menginterpretasi gambar atau foto sel hewan dan tumbuhan tertentu seperti yang terlihat pada mikroskop elektron, mengenali membran plasma dan organela: retikulum endoplasma, badan golgi, mitokondria, ribosom, lisosom, khloroplas, sentriol, nukleus, dan nukleolus.

· Membandingkan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transpor aktif, endositosis dan eksositosis).

· Membuat bagan fungsi sistem membran dan organela.

· Membuat model bagian tertentu dari sel (*).

· Struktur dan fungsi sel serta jaringan pada tumbuhan dan hewan

1.2 Mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.

· Membedakan berbagai jaringan (epidermis, kolenkim, sklerenkim, parenkim, xilem, floem dan kambium) penyusun organ tumbuhan.

· Menunjukkan letak epidermis, korteks, dan stele (silinder pusat).

· Mendeskripsikan fungsi masing-masing jaringan tumbuhan.

· Menggunakan pengetahuan yang diperoleh tentang jaringan pada situasi baru atau pemecahan masalah seperti pembudidayaan tanaman langka melalui perbanyakan dengan biji, stek, dan cangkok.

1.3 Mendeskripsikan struktur dan fungsi jaringan hewan.

· Membedakan berbagai jaringan (epitel, otot, tulang, saraf dan ikat) pembentuk organ hewan.

· Menjelaskan fungsi masing-masing jaringan pada hewan.

· Menggunakan pengetahuan yang diperoleh tentang jaringan pada situasi baru atau pemecahan masalah seperti penggunaan transnplantasi kulit untuk penyembuhan luka bakar.

Standar Kompetensi : 2. Siswa mampu menganalisis sistem organ pada organisme tertentu serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat (Salingtemas).

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pokok

2.1 Mengkaitkan struktur, fungsi, proses dan kelainan/ penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia.

· Mengidentifikasi struktur, fungsi dan proses sistem gerak (tulang, otot) pada manusia

· Mengkaitkan struktur (tulang, otot), fungsi dan proses sistem gerak (tulang, otot) pada manusia.

· Menjelaskan struktur, fungsi dan proses sistem gerak (tulang, otot) pada manusia.

· Mengidentifikasi kelainan yang terjadi pada sistem gerak.

· Memberi contoh teknologi yang berhubungan dengan kelainan yang terjadi pada sistem gerak.

· Sistem gerak (tulang, otot, sendi)

2.2 Mengkaitkan struktur, fungsi, proses dan kelainan/ penyakit yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah manusia dan hewan.

· Mengidentifikasi struktur, fungsi dan proses sistem peredaran darah pada manusia dan hewan tertentu.

· Menjelaskan struktur, fungsi dan proses sistem peredaran darah (jantung, pembuluh darah, komponen, dan fungsi darah) pada manusia dan hewan tertentu.

· Mengkaitkan struktur, fungsi dan proses sistem peredaran darah pada manusia dan hewan tertentu.

· Mengidentifikasi kelainan yang terjadi pada sistem peredaran darah manusia dan hewan tertentu.

· Memberi contoh teknologi yang berhubungan dengan kelainan yang terjadi pada sistem peredaran darah.

· Sistem peredaran darah (jantung, pembuluh darah, komponen darah)

2.3 Mengkaitkan struktur, fungsi, proses dan kelainan/ penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan tertentu.

· Mengidentifikasi struktur, fungsi dan proses sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan tertentu.

· Mengkaitkan struktur, fungsi dan proses sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan tertentu.

· Menjelaskan struktur, fungsi dan proses sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan tertentu.

· Membedakan antara sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan tertentu.

· Mengidentifikasi kelainan yang terjadi pada sistem pencernaan makanan.

· Memberi contoh teknologi yang berhubungan dengan kelainan yang terjadi pada sistem pencernaan makanan.

· Memahami jenis dan kandungan makanan bergizi.

· Menganalisis variasi dan komposisi makanan yang dikonsumsi selama periode tertentu dan menyusun menu seimbang untuk dirinya.

· Sistem pencernaan makanan (gigi, lambung, usus halus, usus besar)

· Proses penyerapan

zat makanan

· Zat aditif

· Pencernaan ruminansia

2.4 Mengkaitkan struktur, fungsi, proses dan kelainan/ penyakit yang dapat terjadi pada sistem respirasi manusia dan hewan tertentu

· Mengidentifikasi struktur, fungsi dan proses sistem respirasi pada manusia.

· Mengkaitkan struktur, fungsi dan proses sistem respirasi pada manusia.

· Menjelaskan struktur, fungsi dan proses sistem respirasi pada manusia.

· Membandingkan struktur, fungsi dan proses sistem respirasi pada manusia dan ikan.

· Mengidentifikasi kelainan yang terjadi pada sistem respirasi.

· Memberi contoh teknologi yang berhubungan dengan kelainan yang terjadi pada sistem respirasi.

Sistem respirasi (internal dan eksternal, alveolus, pertukaran gas, bahaya rokok dan pembakaran tak sempurna)

2.5 Mengkaitkan struktur, fungsi, proses dan kelainan/ penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi manusia dan hewan tertentu.

· Mengidentifikasi struktur, fungsi dan proses sistem ekskresi pada manusia.

· Mengkaitkan struktur, fungsi dan proses sistem ekskresi pada manusia.

· Menjelaskan struktur, fungsi dan proses sistem ekskresi pada manusia.

· Membandingkan struktur, fungsi dan proses sistem eksresi pada manusia, belalang dan cacing tanah.

· Mengidentifikasi kelainan yang terjadi pada sistem ekskresi.

· Memberi contoh teknologi penanggulangan akibat kelainan yang terjadi pada sistem ekskresi.

· Sistem eksresi

2.6 Mengkaitkan struktur, fungsi, proses dan kelainan/ penyakit yang dapat terjadi pada sistem koordinasi (saraf, endokrin, indera) pada manusia dan hewan tertentu

· Mengidentifikasi struktur, fungsi dan proses sistem koordinasi pada manusia.

· Mengkaitkan struktur, fungsi dan proses sistem koordinasi pada manusia.

· Menjelaskan struktur, fungsi dan proses sistem koordinasi pada manusia.

· Membandingkan struktur, fungsi dan proses pada sistem saraf pada manusia dan cacing pipih.

· Mengidentifikasi kelainan yang terjadi pada sistem koordinasi pada manusia.

· Memberi contoh teknologi yang berhubungan dengan kelainan yang terjadi pada koordinasi.

· Sistem koordinasi dan indera (mata dan telinga)

2.7 Mengkaitkan struktur, fungsi, proses dan kelainan/ penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi organisme

· Mengidentifikasi struktur, fungsi dan proses reproduksi pada tumbuhan

· Mengidentifikasi struktur, fungsi dan proses reproduksi pada manusia.

· Mengkaitkan struktur, fungsi dan proses sistem reproduksi pada manusia.

· Menjelaskan struktur, fungsi dan proses sistem reproduksi pada manusia.

· Mengidentifikasi kelainan yang terjadi pada sistem reproduksi.

· Memberi contoh teknologi yang berhubungan dengan kelainan yang terjadi pada sistem reproduksi.

· Sistem reproduksi manusia (menstruasi, fertilisasi, kehamilan, kesehatan reproduksi, ASI)



Kelas : XII

Standar Kompetensi : 1. Siswa mampu merencanakan dan melaksanakan percobaan berkaitan dengan proses yang terjadi pada tumbuhan serta implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat (Salingtemas).

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pokok

1.1 Merencanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan.

· Mengumpulkan informasi faktor-faktor luar yang mempengaruhi pertumbuhan.

· Merumuskan masalah dan membuat hipotesis.

· Merancang berbagai perlakuan dalam percobaan.

· Pertumbuhan dan perkembangan

1.2 Melaksanakan percobaaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan.

· Menyiapkan bahan dan perlakuan.

· Memberikan perlakuan dan mengukur hasil perlakuan.

· Mencatat kondisi lingkungan perlakuan.

· Mengumpulkan data dan menganalisis dalam tabel dan grafik.

1.3 Mengkomunikasikan hasil percobaan pertumbuhan

· Menyiapkan hasil-hasil percobaan.

· Mengkomunikasikan hasil percobaan dalam bentuk lisan dan tulisan.

· Mengkomunikasikan faktor luar yang memperngaruhi pertumbuhan biji


Standar Kompetensi : 2. Siswa mampu menganalisis proses metabolisme organisme dan implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat (salingtemas)

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pokok

2.1 Menguraikan proses-proses katabolisme karbohidrat.

· Mengidentifikasi enzim-enzim yang berperan dalam katabolisme gula.

· Menjelaskan proses-proses enzimatis pada katabolisme gula.

· Mengidentifikasi hasil-hasil katabolisme pati.

· Proses katabolisme gula

2.2 Menguraikan proses–proses anabolisme karbohidrat

· Mengidentifikasi enzim-enzim yang berperan pada anabolisme karbohidrat.

· Menjelaskan proses-proses enzimatis pada anabolisme karbohidrat.

· Mengidentifikasi hasil-hasil anabolisme karbohidrat.

· Proses anabolisme karbohidrat

2.3 Mengkaitkan proses katabolisme dan anabolisme pada rantai karbohidrat.

· Membuat carta anabolisme dan katabolisme karbohidrat.

· Mendeskripsikan proses anabolisme dan katabolisme pada carta yang dibuat.

· Keterkaitan proses katabolisme dan anabolisme

2.4 Mengkaitkan proses metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak dan metabolisme protein

· Membuat diagram keterkaitan antara metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein

· Menjelaskan penyebab lemak menghasilkan energi lebih besar dibanding dengan dari karbohidrat dan protein untuk jumlah berat yang sama.

· Menjelaskan penyebab protein menghasilkan energi setara dengan karbohidrat untuk jumlah berat yang sama

· Keterkaitan metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein

2.5 Mengumpulkan informasi teknologi yang berkaitan dengan metabolisme makanan.

· Mengumpulkan informasi mengenai teknologi makanan berkadar gula rendah.

· Mengumpulkan informasi mengenai teknologi pengawetan makanan berkaitan dengan perolehan sumber makanan utama (karbohidrat, lipida, dan protein) yang berkualitas tinggi.

· Mengumpulkan informasi tentang teknologi substitusi energi dari produk pengolahan makanan seperti tablet makanan, cairan infus dan seterusnya.

· Mengembangkan teknologi sederhana pengolahan makanan/bahan makanan higienis dan berkualitas tinggi.

· Teknologi yang berkaitan dengan metabolisme

Standar Kompetensi : 3. Siswa mampu memahami konsep dasar hereditas serta implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat (salingtemas)

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pokok

3.1 Mengkaitkan hubungan antara DNA, gen, dan kromosom

· Mendeskripsikan struktur heliks ganda DNA serta sifat dan fungsinya

· Mendeskripsikan struktur, sifat, dan fungsi RNA.

· Mendiskripsikan sintesis protein.

· Mendeskripsikan hubungan antara DNA, gen, dan kromosom

DNA, gen, kromosam dan keterkaitannya

3..2 Mengkaitkan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat.

· Mendeskripsikan pemahaman tentang pembelahan mitosis dan meiosis.

· Mendeskripsikan fase-fase pembelahan dan tempat terjadinya mitosis dan meiosis menurut literatur.

· Menghubungkan pembelahan mitosis dan meiosis pada pewarisan sifat.

Pembelahan Mitosis dan Meiosis serta Pewarisan Sifat

3.3 Menerapkan hukum-hukum hereditas dengan mekanisme pewarisan sifat

· Menerapkan prinsip pewarisan sifat menurut hukum Mendel.

· Menjelaskan pola khas hereditas (penyimpangan semu, tautan, pindah silang, gagal berpisah dengan lethal, sistem ABO dan terpaut seks kromosom).

· Menjelaskan mekanisme perbaikan mutu genetik.

· Mengkomunikasikan cara menghindari penyakit menurun pada masyarakat.

· Menerapkan konsep pewarisan sifat untuk memperoleh strain organisme unggul

Hukum Hereditas, Penerapan serta implikasinya

3.4 Menjelaskan peristiwa mutasi.

· Mengidentifikasi macam-macam mutasi kromosom dengan adanya perubahan jumlah, struktur atau urutan susunan DNA pada kromosom.

· Menghubungkan antara faktor penyebab mutasi dengan macam mutasi yang terjadi.

· Membedakan antara mutasi alam dengan mutasi buatan.

· Mengkaji dampak dan keuntungan mutasi bagi makhluk hidup lain dan manusia.

Mutasi

Standar Kompetensi : 4. Siswa mampu mendemonstrasikan pemahaman teori evolusi serta implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat (salingtemas).

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pokok

4.1. Mendemonstrasikan pemahaman tentang teori evolusi biologi.

· Menunjukkan fakta-fakta yang mendukung penerimaan teori evolusi biologi

· Mendeskripsikan sejumlah faktor yang dianggap berpengaruh terhadap berlangsungnya proses evolusi.

· Mengaitkan hubungan antara waktu dengan perubahan sifat organisme

· Menjelaskan kaitan mutasi dengan proses evolusi.

· Menghitung frekuensi gen dalam suatu populasi dengan menggunakan hukum Hardy-Weinberg.

Teori Evolusi dan implikasinya pada perkembangan sains

4.2 Mengumpulkan informasi ilmiah berkaitan dengan teori evolusi.

· Membuat laporan hasil studi tentang fosil yang diamati di musium/situs temuan fosil atau melalui gambar.

· Mengkomunikasikan secara lisan/tertulis hasil pengumpulan informasi dan pengamatan.

· Menjelaskan berbagai teori asal-usul kehidupan di bumi

· Mengumpulkan informasi berkenaan dengan tanggapan terhadap keberadaan serta implikasi teori evolusi pada kehidupan masyarakat.


Standar Kompetensi : 5. Siswa mampu mengidentifikasi prinsip-prinsip dasar bioteknologi serta implikasinya pada sains, lingkungan , teknologi, dan masyarakat

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pokok

5.1 Mendeskripsikan prinsip-prinsip bioteknologi dan penerapannya.

· Menjelaskan peran sifat–sifat organisme dalam proses bioteknologi.

· Menjelaskan kemampuan proses-proses rekayasa dalam memanipulasi sifat organisme.

Prinsip Dasar Bioteknologi

5..2 Mendeskripsikan implikasi bioteknologi pada sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat.

· Menjelaskan manfaat dan bahaya bioteknologi bagi kehidupan.

· Memberi contoh-contoh penerapan bioteknologi yang berpengaruh pada pengembangan bahan pangan, sandang, bidang medis

· Memberi contoh dampak bioteknologi pada perbaikan dan perusakan lingkungan

· Merumuskan tindakan-tindakan yang dilakukan untuk mencegah dampak negatif bioteknologi dimasa yang akan datang.

· Melakukan kegiatan implementasi bioteknologi

Implikasi Bioteknologi pada Sains, Lingkungan, Teknologi, dan Masyarakat.